advertisement
Cara Efektif Membangkitkan Motivasi Siswa Untuk Bertanya. Dalam proses pembelajaran seorang guru sering menjumpai siswa yang kurang antusias mengikuti pembelajaran. Kurangnya akntusias atau minat ini ditandai dengan kurang aktifnya siswa bertanya dalam pembelajaran. Oleh karena itu, guru perlu membuat strategi yang dapat menumbuhkan keberanian siswa dalam bertanya.

 Berikut cara efektif membangkitkan motivasi siswa untuk bertanya

  1. Guru memberikan reward (poin) bagi setiap siswa yang bertanya, satu poin untuk pertanyaan yang tidak sesuai dengan materi pembelajaran, dan dua poin untuk pertanyaan yang sesuai dengan materi pembelajaran. poin tersebut dapat berupa tambahan nilai ulangan harian atau sekedar ucapan, misalnya “pertanyaan yang bagus”.
  2. Guru memberi pertanyaan pada siswa yang pasif untuk di jawab. Beri satu poin jika jawaban salah, dan beri dua poin jika jawaban benar. Ketika jawabannya kurang tepat guru dapat meminta siswa tersebut untuk mencari bantuan temannya guna menjawab pertanyaan tersebut dengan benar.
  3. Menyebut nama siswa tertentu yang relatif aktif atau antusias dalam mengikuti pembelajaran. Misalnya, di sela-sela penjelasan diikuti dengan penyebutan “ si A juga kalau belajar keras bisa jadi juara”. Hal ini di maksud untuk menjalin hubungan emosional guru-siswa secara hangat.
  4. Menggunakan strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan motivasi siswa untuk bertanya, seperti strategi pembelajaran every one is a teacher here.

Selanjutnya, perlu ditegaskan bahwa bukan hanya siswa saja yang boleh bertanya dalam proses pembelajaran, tetapi guru juga mempunyai kesempatan bertanya yang sama. Tetapi pertanyaan guru bukan sekedar untuk menguji kemampuan, apalagi menakut-nakuti siswa, pertanyaan guru lebih pada upaya mengaktifkan siswa untuk terlibat secara intensif sepanjang proses pembelajaran. sedangkan pertanyaan dari siswa lebih pada pemantapan pemahaman atau pengayaan maupun pengembangan pengetahuan.

Selain itu, satu hal yang tidak kalah penting adalah hendaknya pertanyaan difokuskan untuk mengembangkan pemikiran siswa yang mengandung kerumitan tertentu, bukan kesulitan tertentu. Artinya, pertanyaan dimaksudkan untuk memperdalam pemahaman dan mengembangkan pemikiran. Bukan untuk menghafal dan menambah ingatan.

Demikian teori mengenai Cara Efektif Membangkitkan Motivasi Siswa Untuk Bertanya semoga dapat memberikan manfaat. Kritik dan saran sangat kami harapkan, silahkan berkomentar?

Sumber rujukan : Suyadi. 2013. Strategi Pemebelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya. hal 28