advertisement
Tips Menghadapi Tes Wawancara Kerja. Dunia kerja selalu membutuhkan tenaga kerja baru yang mempunyai kualitas dan kapasitas diri sesuai dengan bidang kerjanya. Sebelum kita memutuskan untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan atau instansi tertentu, sebaiknya kita harus mengukur kapasitas diri kita terlebih dahulu, apakah pekerjaan yang kita pilih sesuai dengan kemampuan yang kita miliki atau tidak. Tes wawancara pada dasarnya dilakukan sebagai salah satu cara untuk mengukur kapasitas dan komitmen seseorang dalam bekerja. Agar kita dapat lulus tes wawancara kerja, maka anda perlu menyimak Tips Menghadapi Tes Wawancara Kerja berikut ini.

Tips Menghadapi Tes Wawancara Kerja
Tujuan Anda Melamar Kerja Disini
Tujuan melamar kerja seseorang memang berbeda-beda. Ada yang mengatakan untuk mecari uang, mencari pengalaman, menyebarluaskan ilmu yang dimiliki (khusus untuk pada pendidik), mencari ilmu, dan masih banyak lagi. Pertanyaan yang sering diajukan oleh pewawancara adalah apa tujuan anda melamar kerja Disini? Jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini adalah: menjawab dengan jujur motivasi anda dalam bekerja disertai dengan argumen yang menguatkan secara tepat.
Contoh : tujuan saya melamar kerja disini adalah mencari uang untuk menghidupi keluarga saya. Selain itu, dengan bekerja disini saya dapat mengimplentasikan ilmu yang saya miliki (khususnya di dunia pendidikan) kepada generasi muda berikutnya.

Berapa Gaji yang Anda Minta?
Binggung menjawab pertanyaan ini, prinsipnya begini anda harus mencari tahu gaji yang diterima oleh pengawai yang lama, jika gaji pegawai lama adalah 5 juta, maka sebaiknya anda mengatakan gaji yang anda minta adalah 4,5 juta. Jika anda tidak mengetahui gaji pegawai lama, maka cara yang berbaik adalah menebak yang sekiranya pantas untuk tingkat kesulitan pekerjaan anda sekaligus mempertimbangkan kontribusinya untuk perusahaan, tetapi tetap harus disebutkan bertapa nominalnya. Jangan sampai anda menjawab terserah atau pasrah, karena itu berkesan negatif bagi pewawancara.

Tunjukan Komitmen Anda
Tunjukan bahwa anda adalah orang yang berkomitmen atas pekerjaan anda. Komitmen itu bisa dalam berentuk kedisiplinan kerja, jujur dalam bekerja, loyalitas tinggi, dan sebagainya. Selanjutnya buktikan bahwa apa yang anda katakan pada saat anda sudah diterima sebagai pekerja.

Gunakan Bahasa Tubuh yang Tepat
Tunjukan gerakan-gerakan yang efektif, tepat, dan cerdas. Jawab semua pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara dengan cepat, jelas, tepat dengan penggunaan ekspresi tubuh yang tepat pula. Buatlah pewawancara percaya bahwa apa yang anda katakan bukan hanya omong kosong belaka.

Tujukkan Ketertarikan Anda pada Pekerjaan Ini
Anda dapat mengaitkan motivasi kerja dengan pekerjaan yang anda pilih, biasanya pewawancara akan memberikan kesempatan kepada anda untuk bertanya. Gunakan momen ini untuk menunjukan keseriusan anda dalam mendapatkan pekerjaan ini. Bisa dengan pertanyaan, apakah ada traning atau tidak? Bagaimana jenjang karirnya? Dan sebagainya. Point pentingnya anda jangan bertanya tentang masalah gaji karena itu merupakan hal yang sangat sensitif jika anda yang memulai pembicaraan.

Demikian sedikit Tips Menghadapi Tes Wawancara Kerja yang sekaligus merupakan pengalaman saya dalam Menghadapi Tes Wawancara Kerja, doa saya semoga anda diterima di tempat keja yang anda pilih. Amin. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan, silahkan berkomentar?