advertisement

Penyakit ambeien atau wasir sangat tak diharapkan oleh siapa pun. Namun kadang pola makan yang kurang serat memicu seseorang mengalami tanpa disadari. Jika sudah parah, tak ada lain cara untuk mengobatinya kecuali dengan operasi. Anda tentu tak ingin mengalami hal tersebut, bukan?

Mengenali gejala atau tanda awal penyakit wasir atau ambeien adalah cara untuk mencegahnya menjadi parah. Apa saja tanda awal dari ambeien? Berikut ini di antaranya seperti disebutkan oleh Dr. Ari Fahrial Syam dari Divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI:

Anus panas

Akan terasa panas di daerah sekitar anus, terutama saat anda BAB duduk terlalu lama. Ini adalah efek dari terjadinya pembesaran dan tekanan di pembuluh darah vena di wilayah tersebut.

Perdarahan

Ini biasanya terjadi saat Anda mengedan terlalu sering. Akibatnya pembuluh darah yang sudah melebar itu akan terluka dan pecah. Memang tak terlalu banyak darah yang umumnya keluar saat ambeien masih taraf awal, namun sebaiknya segera diatasi.

Sakit

Perih dan sakit yang dirasakan adalah akibat dari luka di pembuluh darah yang pecah tersebut. Apalagi jika Anda mengalami sembelit akibat kurang konsumsi sayur dan buah.

Gatal

Gatal yang muncul di wilayah dubur adalah efek dari banyaknya bakteri yang memang umumnya berada di wilayah dubur. Ditambah luka dari pembuluh darah, maka rasa gatal akan sering dialami oleh penderita ambeien.

Jika sudah mengalami tanda awal ambeien seperti di atas, sebaiknya Anda mengganti pola makan, dan segera mendatangi pihak medis untuk penanganan lebih lanjut.

Sumber: http://sidomi.com/375425/awas-ini-tanda-awal-ambeien-mulai-menyerang/