advertisement
Hal Penting yang Wajib Diketahui Pengendara Motor

Hal Penting yang Wajib Diketahui Pengendara Motor - Naik motor memang selalu memberikan tantangan tersendiri. Nggak hanya 'berhadapan langsung' dengan padatnya jalan dan ekstremnya cuaca. Tapi, ada banyak tantangan yang menghadang. Untuk itu, agar selalu bisa berkendara dengan aman dan nyaman. Lima hal berikut ini harus diketahui sebelum melakukan perjalanan setiap harinya.

Kelengkapan dokumen sebelum berangkat

Sebelum berangkat, pastikan semua dokumen penting harus dibawa. Surat Izin Mengemudi (SIM), STNK, hingga kartu identitas diri nggak boleh tertinggal. Hal ini penting tidak hanya demi keamanan, tapi juga kenyamanan saat di perjalanan.

Perhatikan safety riding

Keamanan saat berkendara menjadi hal yang utama di jalan. Tidak hanya teknik berkendara, pengetahuan lalu lintas dan konsentrasi di jalan saja yang penting. Pastikan kondisi motor dalam keadaan yang baik serta kondisi tubuh sedang prima. Sehingga, kelalaian di jalan dapat diatasi. Pastikan juga kamu menggunakan helm SNI, pelindung tubuh, masker hingga alas kaki yang mampu memberikan perlindungan.

Pastikan boncengers aman

Tidak hanya pengendara saja yang harus memastikan diri aman. Jika membonceng seseorang, juga harus dipastikan keamanannya. Pertama, pastikan boncengers juga memakai helm SNI dan klik sebagai pelindung kepala. Saat dibonceng, kedua kaki boncengers harus nampak pada footstep, untuk menjaga keseimbangan badan. Lalu, pastikan boncengers duduk sedekat mungkin dengan pengendara, sehingga aman saat terjadi goncangan di perjalanan.

Bermotor saat hujan

Berkendara saat hujan menjadi tantangan tersendiri. Medan yang ditempuh lebih rentan mengakibatkan kecelakaan. Untuk mengatasinya, pastikan untuk memakai personal raincoat dan raincoat shoes yang aman. Konsentrasi pula saat dalam perjalanan, terutama pada genangan air yang cukup dalam. Periksa kelayakan motor, terutama kondisi ban yang masih tebal, rem belakang yang optimal dan lampu depan belakang yang menyala dengan baik.

Ketahui trik aman saat menyalip

kecelakaan sering terjadi saat  akan menyalip kendaraan lainnya. Hal ini dikarenakan posisi menyalip yang kurang tepat dan kendaraan yang kurang lincah. Untuk itu, jika akan menyalip periksa dulu keadaan sekitar dari spion. Perkirakan jarak dan waktu saat menyalip kendaraan lain, agar tidak memicu kecelakaan.

Memiliki motor yang lincah juga banyak memberikan keuntungan di jalan, lho. Seperti Mio Z yang  tangguh, lincah dan stabil saat digunakan berkendara. Bodinya yang ramping, makin memudahkan pengendara untuk bermanuver.

Mio Series terbaru ini bahkan dijuluki sebagai Zagoan Super yang ahli melibaZ jalanan. Seperti namanya yang Super, keluaran terbaru Yamaha ini punya filosifi penamaan huruf Z yang berarti 'paling' (Terbaik, Terhebat, Termaksimal). Berbagai tantangan di jalan pun, kini bisa dilewati dengan mudah kok, karena Mio Z yang super lincah.

Tidak hanya kenyamanan saat berkendara, Mio Z juga sangat hemat bahan bakar. Dengan teknologi Blue Core dan Eco Indicator, memberikan nilai ekonomis. Desain dan warna yang dimiliki juga keren banget, cocok bagi para jiwa muda yang suka berpetualang.  Terdapat pilihan warna Hitam Zagoan dan Putih Zuara.

Selain keren, Mio Z ini juga dilengkapi juga dengan multifunction key, berfungsi untuk menyalakan motor, membuka bagasi dan mengunci motor. Kini, pengalaman berkendara jadi makin beda!

Sumber : Otosia.com