advertisement
5 Musim yang Paling Dikenang Liga Inggris - 5 Musim yang Paling Dikenang di Premier League - MEMORABLE - 5 Musim EPL Paling Dikenang Saking ketatnya Premier League, kompetisi tertinggi di tanah Inggris itu selalu bisa menyajikan pertandingan-pertandingan seru dan penuh drama. Bahkan, tak jarang penentuan juara harus menunggu hingga matchday terakhir.
5 Musim yang Paling Dikenang Liga Inggris

elain pertarungan dalam memberebutkan trofi juara, pergulatan tim-tim yang berusaha keras untuk lolos dari jurang degradasi juga sangat seru dan menegangkan.

Berikut ini adalah rangkuman dari musim-musim yang paling dikenang di era Premier League :

1. Arsenal Musim 2003/2004

Pada musim 2003/04 Arsene Wenger dan anak asuhnya mencetak sejarah dengan menjalani 38 laga dalam musim tersebut tanpa pernah tersentuh kekalahan sekalipun. Skuat Arsenal pada musim tersebut hingga saat ini dijuluki sebagai 'The Invincible'
Sampai saat ini belum ada tim Inggris lain yang bisa menyamai pencapaian Arsenal di musim 2003/04. Berkat kesuksesan besar tersebut, Arsenal dianugerahi satu-satunya trofi emas Premier League

2. Chelsea dan West brown Musim 2004/2005

Musim 2004/05 menghasilkan drama di zona degradasi. Bagaimana tidak, total ada 6 tim yang bertarung untuk menghindari hukuman degradasi ke divisi Championship. Pertarungan sengit pun terjadi hingga hari terakhir musim tersebut.
West Brom yang di paruh musim kedua diprediksi bakal jadi salah satu tim yang terdegradasi, secara menakjubkan berhasil meraih poin demi poin hingga akhirnya mampu bertahan di Premier League.
Selain itu, sang juara - Chelsea berhasil mencetak rekor dengan torehan 95 poin

3. Arsenal Musim 1997/1998

Musim 1997/98 menghadirkan drama baik di papan atas maupun papan bawah. Sempat tertinggal hingg 11 point dari Manchester United, Arsenal berhasil mengejar lawannya berkat kombinasi sempurna antara pertahanan yang kokoh dan serangan yang mematikan.
Pada hari terakhir musim tersebut, The Gunners berhasil mengalahkan Everton 4-0 sekaligus mengukuhkan diri sebagai juara Premier League dengan perbedaan 1 poin atas Manchester United.

4. Blackburn Rovers Musim 1994/1995

Pada musim 1994/1995 pertarungan sengit terjadi antara Manchester United dengan Blackburn Rovers. Blackburn yang kalah dari Liverpool 2-1 di laga terakhir hanya bisa berdoa agar terjadi keajaiban. Nyatanya, United yang membutuhkan kemenangan di laga terakhir gagal menaklukkan sang lawan - West Ham United.
Dimotori duet SAS (Shearer and Sutton) dan dengan Kenny Dalglish sebagai manajernya, Blackburn sukses menjuarai Premier League setelah menunggu 81 tahun lamanya berkat keunggulan hanya 1 poin saja atas United

5. Manchester City Musim 2011/2012

Musim 2011/12 sepertinya tidak akan pernah dilupakan oleh seluruh fans sepak bola di Manchester. Bagaimana tidak, dua kubu-satu kota tersebut harus bertarung hingga matchday terakhir.
Pada laga terakhir sekaligus penentuan juara Premier League, Manchester United berhasil mengalahkan Sunderland dan hanya tinggal menunggu laga Manchester CIty berakhir.
City yang kala itu tertinggal 1-2 dari QPR secara luar biasa mampu mencetak 2 gol beruntun di menit-menit akhir yang sekaligus menjadikan City juara setelah menunggu 44 tahun lamanya. The Citizen menjadi juara berkat keunggulan selisih gol atas United, benar-benar dramatis