advertisement

Inilah Gejala Andropause yang Dialami Pria. Pria ternyata juga memiliki masa seperti menopause yang dialami wanita, yang dinamakan dengan andropause. Dalam masa ini pria mendapati dirinya memiliki penurunan kualitas seksual yang signifikan. Dia tidak lagi memperoleh rangsangan seksual yang menggebu-gebu seperti saat masa muda. Sekalipun begitu, kemungkinan pria masih mampu memproduksi sperma.

Diungkapkan Suzanne Somers, penulis buku Breakthrough: Eight Steps to Wellness, andropause juga sebaiknya diiperhatikan oleh pria seperti halnya wanita menganggap serius masalah menopause. Pasalnya,saat andropause terjadi, pria memiliki masalah dalam kebugaran fisik dan mental.

Andropause akan muncul seiring dengan bertambahnya usia. Gejalanya antara lain mudah lelah, gampang emosi, stress, kekuatan menurun, mudah hilang konsentrasi, pelupa, cemas, hingga disfungsi ereksi. Kemampuannya untuk meningkatkan libido juga rendah. Sementara itu pria andropause juga ditemui sering nyeri badan, sakit punggung, dan malas beraktivitas dalam keseharian.

Dikutip dari laman Okezone, andropause terjadi tatkala pria mengalami penurunan produksi hormon testosteron. Hormon ini jumlahnya menurun seiring bertambahnya usia. Hormon seks ini berada di masa puncaknya pada pertengahan usia 20-an. Setelah itu perlahan akan menurun di usia 40-70 tahun. Di usia matang tersebut jumlah testosteron menurun sampai 60 persen. Jadi buat pria, persiapkan kedatangan masa andropause.

Sumber: Sidomi