advertisement
Paradigma Nasional Pembangunan Indonesia
Indonesia adalah bangsa besar yang kaya akan sumber daya kekayaan alam dan khasanah sosio-kultural. Kemajemukan ini dipandang tidak hanya sebagai sebuah kekuatan (persatuan) tetapi juga sebagai tantangan (resiko perpecahan).

Tantangan bagi bangsa ini
Ancaman Eksternal, seperti: kliam kepemilikan wilayah oleh negara lain dan globalisasai. Ancaman Internal, berupa proses unifikasi. Menurut Abdullah (1998) “unifikasi terjadi dalam pengelolaan keragaman budaya yang berupa penundukan sosial dan politik secara sepihak oleh negara.

Solusi
Dibutuhkan suatu konsep yang mampu mengelola bangsa yang identik dengan keberagaman budaya ini secara tepat. Konsep yang dimakasud adalah “Pancasila dan Pembukaan UUD 1945”.

Langkah-Langkah Meningkatkan Kualitas Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara
a. Peningkatan SDM yang berkualitas moral.
b. Pengelolaan lembaga-lembaga negara, swasta dan non pemerintah.
c. Penanaman nilai-nilai sosial budaya.
d. Pembagunan integratif NKRI

SDM sebagai Kunci Pembagunan Nasional
Sebuah negara dikatakan maju apabila kualitas dan kuantitas SDA nya mencukupi dan kuat. SDA Indonesia seharusnya dibentuk berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan Pembukaan UUD 1945, agar memiliki mental, karakter, etika, dan moral.

Memberdayakan Kelembagaan Negara, Swasta dan Non Pemerintahan
Pemberdayaan yang utuh dan berhubungan bahu membahu antara pemerintah, swasta dan masyarakat, maka akan muncul kekuatan negara yang stabil untuk mendukung tujuan integrasi dan pembagunan nasional.

Pemberdayaan Nilai Sosila Budaya
Rapuhnya integrasi bangsa dari waktu ke waktu disebabkan oleh penurunan daya kerjasama dan kekompakan bangsa, seperti tradisi gotong royong, serta menurunya pemahaman dan pengamalan terhadap nilai-nilai sosial budaya.

Menuju Pembangunan Integratif
Kebijakan yang dibuat pemerintah harus berlandaskan nilai-nilai pancasila dan UUD 1945 sehingga fungsi negara dapat dirasakan di semua lini kehidupan masyarakat dan tujuan negara dapat tercapai.

Sumber rujukan: Abdullah, Irwan. 2010. Paradigma Nasional Pembangunan Indonesia Baru. Yogyakarta. TICI Publication.

(konsistensi.com)