advertisement
Ketika kita ingin membuat blog baru yang agak membingungkan salah satunya adalah bagaimana kita akan menentukan arah topik blog yang akan kita bahas, hal ini bisa dikatakan gampang-gampang agak sulit mengapa demikian? berikut alasan mengapa memilih topik sebuah blog bisa dikatakan sulit adalah kita tidak menguasai topik yang akan dibahas.
Cara Terbaik memilih Topik Sebuah BLog

Banyak yang merasa sulit untuk fokus membahas satu topik dalam ngeblog karena kita tidak megusai topik yang akan kita bahas kita hanya bisa mengikuti blog yang telah ramai termasuk saya sendiri mengakui hal ini. Bahkan bisa dikatakan membahas baya topik kan lebih mudah karena bisa comot sana-sini alias Copas (Copy Paste). Maka untuk membangun sebuat topik yang hebat maka perlu diperhatikan beberapa hal diantaranya:
  • Senang dengan pekerjaan dan benar-benar ditekuni.
  • Perlu adanya keahlian yang harus anda kuasai.
  • Pengalaman yang pernah anda alami.
Dengan menerapkan langkah-langkah di atas maka setidaknya blog kita akan lebih baik daripada blog yang campur aduk, pengunjung akan menikmati setiap artikel yang akan kita bahas bahkan mereka akan menantikan apa artikel kita selanjutnya dengan demikian tak dapat dipungkiri lagi blog kita akan kebanjiran pengunjung untuk itu pastikan sobat memilih topik yang lumayan banyak peminatnya. Pertanyaannya bagaimana dapat mengetahui topik yang banyak peminatnya? Cukup mudah sebenarnya anda dapat menggunakan tool Google AdWords Keyword Planner atau juga dapat menggunakan Goole Trends untuk menganalisa topik yang banyak peminatnya atau tidak.

Bagaimana jika blog kita membahas banyak topik?

Menurut saya tidak masalah saya juga membahas banyak topik namun akhir-akhir ini saya mulai fokus satu topik. Karena memilih banyak topik sudah menjadi pilihan anda maka yang perlu anda lakukan adalah artikel anda harus bermanfaat buat para pembaca setidak-tidaknya anda sudah berbuat baik dengan menyediakan artikel yang bermanfaat karena kalau memang anda tidak dapat fokus satu topik tidak usah dipaksakan akhir-akhirnya nanti anda sendiri malah pusing terlebih lagi topik yang anda pilih itu topik terpopuler dan anda sama sekali tidak menguasainya, kecuali kalau memang blog anda adalah menjadi ladang bisnis maka fokus memilih satu topik akan lebih baik jika dibandingkan blog campur aduk atau banyak yang bilang blog gado-gado.