advertisement

REDMOND – Microsoft hari ini meresmikan kehadiran sistem operasi terbaru mereka Windows 10. Menurut perusahaan sistem operasi ini akan ditawarkan secara gratis untuk pengguna Windows Phone (free upgrade).

“Windows 10 adalah platform paling komperhensif yang pernah karena mampu berjalan di semua jenis perangkat,” ucap Terry Myerson, head of Microsoft's operating systems division, seperti dikutip melalui Gamesindustry, Kamis (22/1/2015).

Dilansir Windowscentral, Kamis (22/1/2015), Windows 10 tidak hanya diperuntukan bagi PC saja melainkan juga tersedia untuk versi mobile phone. Pengguna yang bisa meng-upgrade, tidak harus pemilik Windows 8.1 saja melainkan juga Windows 7.

Sehingga pengguna akan bisa mendapatkan Windows 10 di PC, tablet, dan smartphone tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun.

Tidak hanya itu, Microsoft juga mengatakan dukungan update akan terus dilakukan pada device pengguna tanpa batasan waktu.

Selanjutnya, Windows 10 juga membawa kehadiran Cortana (personal assistant) dari perangkat bergerak ke desktop. Sebelunya rumor mengenai hal ini pernah mengemuka tapi sekarang perusahaan benar-benar meresmikannya.

Kehadiran Cortana di desktop membawa sejumlah fitur seperti mampu mencari file penyimpanan dari hardisk lokal, OneDrive dan OneDrive untuk bisnis.

Personal assistant ini juga bisa menemukan foto berdasarkan tanggal. Semisal pengguna dapat memerintahkan Cortana untuk mencari foto pada bulan Desember dan lainnya.

Cortana juga mampu memahami aplikasi pada perangkat lokal serta konten dalam Windows Store. Kemudian layanan ini juga mampu mengirim email.(okezone.com)