advertisement

Memelihara kesehatan mulut dan gigi merupakan langkah awal dan penting untuk menjaga agar tubuh sehat secara keseluruhan. Namun, kenyataannya banyak yang mengabaikan dan menganggap sepele rutinitas menyikat gigi.

Asalkan sudah menyikat gigi tiap hari, dianggap sudah cukup. Padahal, cara yang salah dalam menyikat akan membuat plak, sisa makanan serta kuman tetap bersarang di mulut dan gigi.

"Sikat gigi secara lembut dengan gerakan menggosok horisontal sederhana dengan sikat gigi membentuk sudut 45 derajat untuk sampai ke plak gigi," kata peneliti, Profesor Aubrey Sheiham, seperti dilansir laman Daily Mail, Selasa (7/4).

Berikut cara menyikat gigi yang benar:


  1. Selalu gunakan bulu sikat yang lembut. Bulu sikat yang keras atau medium bisa menyebabkan lapisan dentin pada gigi terbuka dan menipiskan enamel sehingga membuat gigi sensitif.
  2. Bersihkan gigi Anda setiap pagi setelah sarapan dan saat malam sebelum tidur. Lakukan setiap hari.
  3. Ganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali. Setelah tiga bulan pemakaian, kepala dan bulu sikat biasanya akan berubah strukturnya sehingga kurang maksimal untuk membersihkan gigi.
  4. Jangan abaikan pentingnya flossing. Sisa makanan atau plak yang bersarang di sela-sela gigi tidak bisa disingkirkan dengan menggunakan sikat gigi saja.
  5. Tidak hanya gigi, membersihkan lidah juga tak kalah penting. Lidah merupakan tempat bersarangnya plak, jamur serta bakteri penyebab bau mulut tak sedap. Jadi saat menyikat gigi, sikat juga bagian lidah dengan menggunakan pembersih khusus.


Sumber: JPNN.COM