advertisement
4 Cara Menghindari Penipuan Saat Belanja Online
Cara Menghindari Penipuan Saat Belanja Online - Dewasa ini, masyarakat di Indonesia gemar membeli barang di internet. Pembelian barang secara online ini dianggap cara yang cepat dan nyaman, untuk mendapatkan sebuah barang yang Anda inginkan.

Tetapi jika Anda tidak hati-hati dalam berbelanja di internet, mungkin Anda akan terkena penipuan. Alasannya, kita tidak bisa melihat barang secara nyata. Atau bisa jadi, beberapa oknum justru menggunakan kesempatan dengan mencuri data-data kartu kredit Anda.

Seperti dilansir dari cheatseet.com, Rabu, (9/12/2015), terdapat empat tips untuk memastikan bahwa Anda tetap aman saat berbelanja online:

1. Tawaran yang menipu

Anda patut waspada saat mendapatkan email dari sebuah perusahaan jual beli online (e-commerce). Pasalnya, beberapa pesan yang masuk ke email akan menjadi pesan palsu untuk membuat Anda, membeli produk penawaran mereka. Untuk mencegah tertipunya, Anda harus curiga jika email berisi beberapa kesalahan pengejaan kalimat, atau tidak ada baris subjeknya.

Selain itu, jika email berisi permintaan informasi aku sensitif seperti nomor sandi dan nomor kartu kredit, Anda dapat pergi langsung ke website toko tersebut untuk melakukan klarifikasi.

2. Jagalah nomor kartu kredit Anda

Meskipun kartu kredit memiliki perlindungan terhadap transaksi-transaksi yang tidak sah, Anda tetap perlu melindungi nomor kartu kredit. Jangan memberikan secara sembarangan nomor kartu kredit Anda saat bertransaksi secara online.

3. Hati-hati di toko Anda belanja online

Jika Anda berbelanja di toko online, Anda bisa mencari tahu beberapa informasi dari komentar yang ada di toko tersebut. Jika terdapat komentar yang baik berarti reputasi toko online tersebut dapat di percaya.

4. Review dari laporan bank

Untuk menghindari pencurian data-data kartu kredit saat belanja online, ada baiknya Anda melihat data transaksi bulanan dari bank. Anda dapat meninjau semua transaksi Anda di akhir bulan. Selain itu Anda juga dapat memeriksa laporan keuangan Anda secara online.

Sumber: Liputan6.com.