advertisement
Hasil Semifinal DFB Pokal Hertha Berlin vs Borussia Dortmund 0-3
Hasil semifinal DFB Pokal 2016 antara Hertha Berlin vs Borussia Dortmund diakhiri dengan skor 0-3. Gol  Gonzalo Castro, Marco Reus, dan Henrikh Mkhitaryan di Olympiastadion Berlin pada Kamis, 21 April bukan cuma menjadi penentu skor Dortmund vs Hertha. Tetapi juga menyusun final ideal Piala Jerman tahun ini antara BVB dengan sang musuh bebuyutan, Bayern Munchen.

Terpanasi oleh kesuksesan Bayern menggulung Werder Bremen sehari sebelumnya, Borussia Dortmund menuju ibukota Spanyol untuk bersua tuan rumah Hertha Berlin. Tanpa Pierre Emerick Aubameyang yang cedera, BVB memakai formasi lama 4-23-1 dengan mengandalkan ujung tombak Adrian Ramos, yang merupakan mantan bomber tuan rumah.

Borussia Dortmund memaksa tuan rumah tampil dengan tempo tinggi. Akibatnya, Hertha Berlin kesulitan untuk menyerbu lini belakang BVB yang dipimpin duet dadakan Mats Hummels-Sven Bender. Sebaliknya BVB yang memiliki Shinji Kagawa meneror pertahanan Hertha, hingga gol lahir di menit 20.

Kagawa yang menjadi hantu bagi Hertha, mengirim umpan silang yang bisa dipatahkan. Namun Gonzalo Castro muncul. Sang mantan gelandang Bayer Leverkusen mengirimkan tembakan melengkung ke sudut atas gawang. Masuk, Dortmund di atas angin. Ada dua peluang lagi yang tercipta sebelum babak pertama usai, tetapi Hummels dan Marco Reus tidak bisa membidik sasaran dengan tepat.

Hertha Berlin yang tampil tanpa Vladimir Darida, sulit untuk mendesak Dortmund demi mencari gol balasan. Menit 60, mereka nyaris terbobol via umpan terobosan jitu Marco Reus ke arah Shinji Kagawa yang terpatahkan. Empat menit kemudian, Hertha kehilangan momentum. Berawal dari tendangan sudut, Salomon Kalou tinggal mendorong bola masuk dari jarak kurang dari satu meter, tetapi ia tidak mampu melakukannya.

Dortmund yang sadar Hertha bisa membalas kapan saja, menjamin kemenangan mereka di menit 75. Marco Reus menyelesaikan umpan pintar Kagawa dengan tembakan silang yang mematikan. Mental Hertha runtuh sehingga datangnya gol ketiga via Henrikh Mkhitaryan tidak terelakkan. Dortmund menang 0-3, dan memastikan berangkat ke final DFB Pokal untuk bersua Bayern Munchen.

Gol: Gonzalo Castro 20, Marco Reus 75, Henrikh Mkhitaryan 83

Hertha Berlin (4-3-3): Jarstein; Weiser, Brooks, Stark, Plattenhardt; Skjelbred, Lustenberger, Hegeler (Baumjohann 62); Haraguchi (Schieber 65), Ibisevic, Kalou.

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Burki; Piszczek, Hummels, Bender, Schmelzer (Durm 84); Weigl, Castro (Gundogan 77); Mkhitaryan, Kagawa, Reus; Ramos.