advertisement
Bikin Paspor di Jakarta Selatan Bisa Diantar ke Rumah
Bikin Paspor di Jakarta Selatan Bisa Diantar ke Rumah - Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Selatan mulai menerapkan dua sistem yang akan mempermudah pelayanan publik untuk pembuatan paspor. Salah satunya penyerahan paspor dengan diantar langsung ke rumah pemohon.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan, Cucu Koswala mengatakan, pelayanan pengantaran paspor ke rumah bertujuan mengurangi penumpukan antrean di kantor Imigrasi Jakarta Selatan. Biasanya, setiap hari ada 500 orang yang mengurus paspor dan 500 orang yang mengambil paspor. Dengan inovasi ini, dia yakin antrean pemohon dan pengambil paspor bisa berkurang.

Para pemohon yang selesai melengkapi data untuk pembuatan paspor tidak perlu harus datang dua kali ke kantor imigrasi. Dalam waktu 3 hari terhitung sejak pembuatan, paspor akan langsung dikirim ke alamat masing-masing. Dia menambahkan, jasa pengiriman tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Untuk program ini pihaknya menggandeng PT. Pos Indonesia.

"Manfaatnya pemohon tidak datang dua kali untuk mengambil Paspor. Pertama kan mereka harus mengantarkan berkas, 3 hari kemudian mengambil. Nah ini tidak perlu, kita akan mengirimkan ke alamatnya hari ke empat. Tidak dikenakan biaya," ungkapnya.

Dia memaparkan manfaat lain dari sistem ini, pemohon tidak akan menggunakan alamat fiktif. Sebab, jika menggunakan alamat fiktif dipastikan paspor tidak akan sampai ke alamat pemohon. Jika menemukan ada pemohon menggunakan alamat fiktif, pihaknya akan langsung memanggil pemohon untuk diperiksa.

"Kita khawatir alamat tersebut digunakan untuk tempat yang tidak bagus. Bisa seperti tempat paham radikal, terorisme, human trafficking. Kalau ada pidana kita langsung koordinasi dengan Pihak kepolisian dan aparat terkait. kalau dia terbukti memberikan alamat fiktif. Dia bisa kena sanksi pidana," tegasnya.

Untuk pengiriman langsung Paspor yang sudah selesai ke alamat pemohon hanya diberlakukan untuk pemohon yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) wilayah Jakarta Selatan. "Untuk sementara pengiriman hanya yang di Jakarta Selatan. Ke depan akan kita perluas hingga seluruh Jabodetabek. Nanti kita akan evaluasi lagi," ujarnya

Dia menambahkan, inovasi lain yang akan dijalankan ke depan adalah pelayanan pembuatan paspor di pagi hari.

Cucu memaparkan, pelayanan pengurusan paspor di pagi hari atau disebutnya Early Morning Service akan dimulai pukul 06.00 WIB. Biasanya pelayanan paspor baru dimulai pukul 08.00 WIB. Untuk tahap awal, lantaran keterbatasan pegawai, pihaknya hanya menerapkan itu setiap hari Selasa dan Jum'at.

"Kita mengambil momentum kebangkitan Nasional. Seperti kita ketahui, bapak Presiden, pak menteri dan pak dirjen selalu menginginkan terus peningkatan pelayanan publik. kita hadirkan dua inovasi peningkatan pelayan publik. Pertama layanan paspor pagi hari dan yang kedua layanan penyerahan paspor antar ke rumah," tutupnya.

Sumber : Merdeka.com