advertisement
Rupiah ditutup melemah di level Rp 13.267 per USD
Rupiah ditutup melemah di level Rp 13.267 per USD - Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) ditutup melemah di perdagangan hari ini, Senin (29/8). Rupiah ditutup di level Rp 13.267 per USD atau melemah dibanding penutupan perdagangan kemarin di Rp 13.212 per USD.

Mengutip data Bloomberg, Rupiah memang bergerak melemah sepanjang perdagangan. Rupiah sempat menyentuh level Rp 13.287 per USD lalu kembali menguat tipis ke Rp 13.256 per USD.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Mirza Adityaswara mengatakan, naik turunnya kurs Rupiah masih dalam batas normal dan sesuai pergerakan mata uang dunia. "Perkembangan dua hari ini tidak ada yang perlu dikhawatirkan normal-normal saja," kata Mirza di Gedung BI, Jakarta, Kamis (25/8).

Pelemahan Rupiah, lanjutnya, juga dipengaruhi faktor pengumuman penetapan suku bunga oleh bank sentral Amerika Serikat atau The Federal Reserve (The Fed). Rencananya The Fed akan mengeluarkan pernyataan posisi suku bunga pada September.

"Biasanya kalau mau mendekati rapat dewan gubernur Amerika biasanya ada statement FOMC, ada statement beberapa yang kemarin, bisa saja naik di November atau di Desember. Kalau menurut saya hal yang wajar," ucapnya.

Mirza menyadari pengumuman The Fed juga dijadikan momentum bagi pelaku pasar keuangan untuk meraup cuan lewat transaksi harian. "Namanya pasar keuangan kan berusaha mencari berita untuk teman-teman di pasar keuangan bisa jual dan beli," jelasnya.

Sumber : Merdeka.com