advertisement

Tips Mudah Turunkan Kolesterol Secara Alami. KOLESTEROL merupakan sumber pemicu penyakit kronis. Untuk itu, ketahui cara penanganannya agar terhindar dari risiko itu. Kolesterol di Indonesia merupakan salah satu sumber gangguan kesehatan dimana umumnya menjadi penyebab penyakit jantung koroner. Oleh karenanya, Anda perlu mengetahui beberapa tip untuk menghindari risiko itu, seperti yang dianjurkan National Cardiovaskular Center Harapan Kita, di antaranya sebagai berikut:

Turunkan berat badan bila Anda kegemukan
Menurunkan berat badan dapat membantu Anda menekan total kadar kolesterol LDL (lemak jenuh) dan trigliserida. Hal ini juga tidak hanya meningkatkan kesehatan tetapi juga tampak merasa lebih baik.

Mengonsumsi rendah lemak dan kolesterol
Batasi semua jenis lemak, termasuk lemah jenuh dan gantikan lemak tak jenuh. Sementara pada kolesterol, jauhkan dari asupan makanan yang sebagian besar jeroan ( usus, babat, otak, limpa dan lainnya), kuning telur, sea food ( udang, cumi, kerang, kepiting).

Makan lebih banyak serat
Serat banyak terdapat pada sereal, buah, sayuran, kacang panjang dan semua jenis kacang-kacangan dalam jumlah terbatas. Di mana hal itu dapat membantu menetralisir kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

Hindari mengonsumsi alkohol
Alkohol harus dihindari, pasalnya mengonsumsi alkohol akan lebih memudahkan berat badan Anda meningkat.

Jangan merokok
Hal ini karena merokok dapat merusak dinding pembuluh darah dan juga menurunkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Rutin olahraga
Kurangnya olahraga dapat mengganggu kolesterol HDL (kolesterol baik) yang dapat membersihkan kolesterol berlebihan di dinding pembuluh nadi.