advertisement
Memiliki ponsel pintar atau tablet yang dibawa saat perjalanan mudik tentu menyenangkan. Namun yang terjadi justru sebaliknya jika perangkat tersebut sudah kehabisan daya. Sementara jarak tempuh masih cukup jauh.
Tips Agar Hemat Baterai Ponsel Saat Mudik

Agar tidak bosan dan mati gaya karena terjebak macet sekaligus 'haus' hiburan karena perangkat pintar kehabisan daya, cek beberapa tips yang dapat membantu menghemat baterai ponsel selama di perjalanan mudik.

Bijak Saat Menggunakan Jaringan Operator
Seperti diketahui jika jaringan operator di Indonesia secara umum belum stabil. Terlebih saat kondisi anda sedang 'mobile' menuju kampung halaman. Bijaklah saat menggunakan jaringan 2G dan 3G. Usahakan untuk mematikan jaringan internet saat tidak benar-benar dibutuhkan.

Siapkan Mobile Hotspot
Jika anda atau keluarga memiliki lebih dari satu perangkat pintar, baiknya siapkan mobile hotspot yang jaringannya telah mencakup daerah yang akan dilalui. Selain irit biaya karena anda hanya perlu berlangganan satu operator. Mobile hotspot memiliki keunggulan karena bisa digunakan oleh lima hingga sepuluh perangkat. Pastikan sambungan WiFi pada perangkat pintar juga hanya diaktifkan saat dibutuhkan saja.

Turunkan Tingkat Kecerahan Layar
Meski telah didukung oleh teknologi layar tercanggih yang memungkinkan anda tetap bisa menggunakan ponsel di bayar panas matahari. Nyatanya perangkat pintar harus bekerja ekstra untuk itu. Semakin tinggi tingkat kecerahan layar membuat anda mampu melihat tampilan dengan lebih jelas saat di bawah paparan sinar matahari. Namun hal ini berpengaruh pada semakin cepat daya baterai terkuras. Atur tingkat kecerahan layar sesuai kebutuhan, jangan terlalu terang atau terlalu redup.

Bawa Baterai Cadangan
Meski kian banyak perangkat mengusung desain unibody (baterai dibuat menyatu dengan perangkat), namun desain baterai yang bisa dilepas dari body ponsel masih banyak ditemukan. Jika perangkat anda termasuk menggunakan desain baterai yang mudah dilepas, baiknya bawa baterai cadangan untuk keperluan yang sangat mendesak.

Siapkan Power bank
Sebelum pergi jauh, ada baiknya anda menyiapkan power bank (baterai eksternal) pada daftar barang bawaan. Siapkan power bank berkapasitas cukup besar sehingga bisa digunakan selama beberapa kali. Bijaklah saat menggunakan pengisi daya ini, segera lepas sambungan kabel jika baterai ponsel sudah terisi penuh.

Bawa Kabel Roll
Jika ada kesempatan beristirahat dan menemukan sambungan listrik, mungkin ini adalah kesempatan emas yang dapat kembali menyegarkan perjalanan anda. Siapkan kabel roll untuk mengisi ulang beberapa perangkat termasuk power bank selama beberapa saat. Ada baiknya semua baterai telah diisi penuh sehingga dalam jangka waktu lama tidak mudah rusak.