advertisement
Cara Mengatasi Bunyi Berdecit di Tali Kipas Avanza

Cara Mengatasi Bunyi Berdecit di Tali Kipas Avanza - Mengenai Avanza S tahun 2008 saat awal start terdengar bunyi pada area v-belt berisik dan bising saat (pagi, siang, malam) memang terasa kurang nyaman dan kalau disemprot dengan WD bunyi bisa hilang. Berikut ada beberapa tips yang bisa di lakukan oleh Pak Siyam yaitu:


  1. Pemeriksaan visual kondisi v-belt yang sudah dilakukan Pak Siyam ditambahkan lagi menggunakan senter/lampu. Coba periksa pully tempat berputarnya v-belt kondisinya bagaimana (licin atau cacat ) hal ini juga bisa menimbulkan bunyi.
  2. Setelah pemeriksaan visual tersebut coba lakukan pemeriksaan ketegangan tali kipas/V-beltnya dalam kondisi kendor atau kencang dengan menekan dengan tangan bagian atas v-belt. Kalau ditemukan kendor lakukan penyetelan ulang karena v-belt atau tali kipas yang kendor bisa menyebabkan bunyi mendecit.
  3. Setelah langkah langkah di atas sudah dilakukan tapi masih terdengar bunyi maka v-belt harus diganti.


Kalau dilihat dari tahun pembuatannya 2008, berarti umur mobil Anda sudah delapan tahun berjalan sehingga memungkinkan perubahan material karet dari v-belt sudah berubah tidak lentur atau menjadi keras sehingga menimbulkan bunyi.

Demikian pencerahan dari saya semoga Pak Siyam dapat melakukan pemeriksaan sendiri di rumah

Sumber : Liputan6.com