advertisement

Faktor Penyebab Rambut Rontok. Jika kondisi rambut Anda sehat, maka kerontokan rambut adalah hal yang jarang terjadi. Rambut yang rontok dalam skala kecil merupakan peristiwa normal, namun jika sudah terjadi lama dan kuantitasnya melebihi batas, maka Anda bisa mengalami kebotakan.

Rambut bisa rontok jika ada beberapa faktor yang Anda alami. Apa saja faktor penyebab rambut rontok? Laman Boldsky melansirnya seperti di bawah ini:

1. Kurang nutrisi

Jika Anda kekurangan nutrisi, jarang mengonsumsi makanan bergizi, maka bagaimana bisa rambut Anda tumbuh dengan sehat? Salah satu vitamin yang perlu Anda penuhi untuk cegah rambut rontok adalah vitamin D. Selain itu juga asam amino lisin, tembaga, serta seng.

2. Hormon tak stabil

Wanita yang berusia di atas 30 tahun memiliki risiko lebih besar mengalami kerontokan rambut akibat hormon yang mulai tak seimbang. Untuk memperbaiki kondisi ini Anda bisa berkonsultasi ke pihak medis.

3. Kelenjar Tiroid bermasalah

Kelenjar tiroid berada di wilayah leher. Apabila kelenjar ini memproduksi hormon tiroid terlalu banyak atau terlalu sedikit, maka ini berpengaruh terhadap kesuburan rambut serta kekuatan akarnya.

4. PCOS

Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS) menyebabkan seorang wanita memiliki kadar androgen tinggi. Hasilnya pertumbuhan rambut di kepala menipis, namun rambut di wajah dan tubuh lebih banyak. Mirip dengan kondisi pria botak berjanggut lebat.

5. Hamil

Saat hamil juga merupakan kondisi paling mungkin seorang mengalami kerontokan rambut.

6. Pil KB

Untuk sebagian wanita, efek samping dari konsumsi pil KB adalah rambut yang rontok. Ini akibat adanya perubahan hormon yang ditimbulkan karena pil KB tersebut. Selain pil KB, obat darah tinggi, obat sakit jantung, serta obat arthritis pun membawa efek yang sama.

7. Stres

Kondisi stres dan depresi yang parah juga menyebabkan rambut akan lebih banyak rontok.

8. Produk perawatan rambut

Berbagai bahan kimia yang sering digunakan untuk merawat rambut misalnya cat warna, shampo, dan lainnya juga dapat memicu kerontokan rambut.

Sumber: Sidomi.com